Doxing Wajah Asli Kobo Kanaeru diduga adalah Stephanie Floriska

By | August 24, 2023

Dalam era informasi yang semakin canggih, internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, muncul pula ancaman baru yang bisa merugikan privasi seseorang, salah satunya adalah doxing. Doxing, praktik pengungkapan informasi pribadi seseorang tanpa izin, telah menjadi perhatian utama di dunia maya.

Salah satu kasus yang belakangan ini menarik perhatian adalah dugaan doxing terhadap Kobo Kanaeru, seniman digital yang dikenal dengan karya-karyanya yang khas dan memikat banyak orang. Namun, siapa sebenarnya Kobo Kanaeru di balik topeng digitalnya? Apakah dia benar-benar Stephanie Floriska, seperti yang diberitakan oleh beberapa media?

Kobo Kanaeru, dengan karya-karyanya yang inovatif, telah berhasil membangun nama besar di dunia seni digital. Namun, di balik popularitas dan penggemar yang bertambah, muncul pula tantangan dan tekanan, termasuk upaya untuk mengungkap identitas aslinya. Stephanie Floriska, di sisi lain, adalah seorang individu yang namanya tiba-tiba muncul dan dikaitkan dengan Kobo Kanaeru. Namun, apakah benar mereka adalah orang yang sama?

Apa itu Doxing?

Doxing berasal dari kata “docs” (dokumen) yang dalam konteks internet berarti praktik mengumpulkan informasi pribadi seseorang dan mempublikasikannya tanpa izin. Tindakan ini sering dilakukan dengan tujuan untuk merugikan, mempermalukan, atau sebagai bentuk balas dendam. Informasi yang dibeberkan bisa bervariasi, mulai dari alamat rumah, nomor telepon, alamat email, hingga data kerja dan keluarga.

Dampak Negatif Doxing

Tindakan doxing bukanlah hal yang sepele. Doxing dapat memberikan dampak yang mendalam bagi korban. Beberapa dampak negatif dari doxing antara lain:

  1. Kerugian Emosional: Korban doxing seringkali merasa cemas, takut, dan tertekan. Rasa aman mereka hilang karena merasa identitas dan privasi mereka telah terlanggar.
  2. Ancaman Keselamatan Fisik: Dengan adanya informasi pribadi yang tersebar, korban bisa mendapatkan ancaman fisik dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
  3. Pencemaran Nama Baik: Informasi yang disebar seringkali disertai dengan narasi-narasi negatif yang bisa mencemarkan nama baik korban di mata publik.
  4. Kerugian Finansial: Dalam beberapa kasus, informasi pribadi yang bocor bisa dimanfaatkan untuk kegiatan penipuan atau cybercrime yang berdampak pada kerugian finansial.

Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk selalu menjaga informasi pribadi dan memahami risiko yang mungkin muncul di era digital saat ini.

Siapa Kobo Kanaeru?

Kobo Kanaeru adalah VTuber Indonesia yang telah mencuri perhatian banyak orang berkat pesona dan karakternya yang unik. Sebagai VTuber yang diproduksi oleh Hololive ID, Kobo Kanaeru membawa konsep karakter sebagai gadis pawang hujan yang penuh misteri.

Profil Singkat Kobo Kanaeru

  • Latar Belakang: Kobo Kanaeru debut streamingnya pada 27 Maret 2023. Ia merupakan bagian dari generasi ketiga VTuber yang diproduksi oleh Hololive ID, bersama dengan dua VTuber lainnya, Vestia Zeta dan Kaela Kovalskia.
  • Popularitas: Pada awal debut, Kobo hanya memiliki sekitar 200 ribu subscribers di YouTube. Namun, dalam waktu kurang dari setahun, jumlah tersebut meningkat pesat hingga mencapai 1,9 juta subscribers di tahun 2023.
  • Konsep Karakter: Kobo digambarkan sebagai gadis periang yang tinggal di lantai paling atas menara mercusuar. Sebagai keturunan pawang hujan, Kobo memiliki kemampuan untuk mengendalikan hujan. Namun, dibalik kekuatannya itu, ia seringkali terlihat malas dalam bekerja dan memerlukan banyak latihan untuk menjadi pawang hujan handal.
  • Arti Nama: Nama Kobo (こぼ) memiliki arti “tumpah” dan Kanaeru (かなえる) berarti “mengabulkan”. Jadi, nama lengkapnya dapat diartikan sebagai “pengabul permohonan mengusir hujan yang tumpah”. Dalam Bahasa Indonesia, namanya juga merupakan plesetan dari kata “Kobokan Air”.
  • Desain Visual: Desain karakter Kobo sangat mencolok dengan rambut berwarna biru langit dan ujung rambut berwarna putih seperti ombak lautan. Dia juga sering terlihat membawa payung berwarna biru muda dan mengenakan jaket oversize.
  • Konten YouTube: Kobo menawarkan berbagai macam konten menarik mulai dari single lagu, cover musik, streaming game, hingga cerita horor. Single debutnya, “Mantra Hujan”, telah dilihat lebih dari 9.6 juta kali.
  • Detail Lainnya:
    • Nama Lengkap: Kobo Kanaeru
    • Nama Panggilan: Kobo
    • Tanggal Lahir: 12 Desember
    • Tempat Tinggal: Ruangan puncak menara mercusuar
    • Umur: Di atas 17 tahun
    • Tinggi: 150 cm
    • Berat: 40 kg
    • Bahasa yang Dikuasai: Bahasa Indonesia, English, Jepang, HTML, CSS, JavaScript
    • Keturunan: Pawang Hujan

Keterkaitan dengan Hololive ID

Kobo Kanaeru merupakan salah satu VTuber dari Hololive Indonesia. Ilustrasi karakter Kobo dikerjakan oleh seniman asal Jepang dengan akun Twitter @ponkan_8. Untuk mengikuti kisah dan konten terbaru dari Kobo, penggemar bisa mengunjungi channel YouTube “Kobo Kanaeru Ch. hololive-ID” serta mengikuti akun Twitternya @kobokanaeru. Fans dari Kobo Kanaeru biasa dikenal dengan nama “Kobokerz”.

Diduga Stephanie Floriska

Ketika berbicara tentang VTubers, identitas asli mereka sering menjadi subyek perbincangan hangat di kalangan fans. Salah satu dugaan yang paling menarik perhatian adalah mengenai Kobo Kanaeru, yang oleh sebagian orang diduga sebagai Stephanie Floriska.

Siapa Stephanie Floriska?

Stephanie Floriska bukan hanya sekedar nama yang dihubungkan dengan dunia VTuber. Dia adalah talenta yang pernah menorehkan prestasi di dunia musik Indonesia. Memang, bagi banyak orang, Stephanie mungkin lebih dikenal sebagai juara 3 dalam kompetisi “Aku Bisa Cipta Lagu”. Dalam kompetisi tersebut, Stephanie sukses menyita perhatian dengan membawakan lagu ciptaannya yang berjudul “Dia Bagaikan Matahari”, sebuah lagu yang memadukan lirik indah dengan melodi yang indah.

Nama Asli: Stephanie Floriska
Usia: 21 tahun
Jenis Kelamin: Perempuan
Tinggi Badan: Sekitar 150 cm
Berat Badan: Sekitar 40 kg
Kewarganegaraan: Indonesia ??
Etnis: Bantenese & Chindo (campuran)
Kemampuan Bahasa: Bahasa Indonesia, Inggris, Mandarin, Jepang
Zodiak: Scorpio ♏️
Tanggal Lahir: 15 November 2001
Tempat Asal: Tangerang Selatan, Banten, Indonesia ??

Riwayat Pendidikan dan Kerja:

  • SMA Efata
    Periode: Juli 2016 – Juni 2019
    Jurusan: IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
  • Universitas BINUS
    Periode: Agustus 2019 – Juni 2023
    Gelar: Sarjana Ilmu Komputer
  • Organisasi BDM (Bersama Dalam Musik)
    Periode: Mei 2020 – Februari 2021
    Divisi: Desain dan Dokumentasi
  • Pekerjaan: Editor Video Freelance
    Periode: Agustus 2018 – Sekarang

Keterampilan:

  • Bernyanyi
  • HTML5
  • CSS
  • JavaScript
  • Editing Video
  • Desain Web
  • Desain Logo
  • Menggambar
  • Komposisi Musik

Media Sosial Stephanie Floriska:

Mengapa banyak yang menduga Kobo Kanaeru adalah Stephanie Floriska? Berikut beberapa poin yang sering dikaitkan:

  1. Kemiripan Suara: Salah satu alasan terkuat yang banyak diajukan oleh netizen adalah kemiripan suara antara Kobo Kanaeru dengan suara Stephanie saat membawakan lagunya. Meskipun VTubers seringkali menggunakan efek untuk mengubah atau memodifikasi suara, tetapi ada nuansa tertentu yang sulit untuk disembunyikan dan membuat banyak orang percaya bahwa keduanya adalah orang yang sama.
  2. Prestasi di Dunia Musik: Stephanie Floriska dikenal memiliki talenta di bidang musik, dan ini sejalan dengan kemampuan Kobo Kanaeru yang juga sering menampilkan konten musik di saluran YouTube-nya. Lagu debut Kobo berjudul “Mantra Hujan” misalnya, menunjukkan kemampuan musik yang luar biasa.
  3. Pernyataan dari Beberapa Penggemar: Ada beberapa fans yang mengklaim bahwa mereka bisa “merasakan” kesamaan emosi dan ekspresi antara lagu “Dia Bagaikan Matahari” dengan beberapa konten yang disajikan oleh Kobo Kanaeru.

Namun, meskipun ada banyak dugaan dan bukti yang diajukan, sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak manapun mengenai hal ini. Identitas sebenarnya dari Kobo Kanaeru masih menjadi misteri yang menunggu untuk dipecahkan.

Kesimpulan

Dugaan identitas Kobo Kanaeru sebagai Stephanie Floriska memang telah menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar VTuber dan musik. Argumen dan bukti yang diajukan oleh banyak pihak, terutama terkait kemiripan suara dan latar belakang di dunia musik, memberikan dasar yang cukup kuat untuk mendukung dugaan tersebut.

Namun, yang perlu ditekankan di sini adalah bahwa hingga saat ini, belum ada konfirmasi secara langsung dari Kobo Kanaeru, Stephanie Floriska, atau pihak-pihak terkait lainnya mengenai klaim tersebut. Dalam dunia VTuber, kerahasiaan identitas adalah salah satu hal yang dihargai, dan mungkin ada alasan-alasan tertentu mengapa identitas asli mereka dipilih untuk tetap dirahasiakan.

Sebagai penggemar, mungkin yang terbaik adalah menghargai privasi mereka dan menikmati konten yang mereka sajikan. Spekulasi dan dugaan memang sah-sah saja, namun selalu penting untuk tetap menjaga etika dan tidak menekan atau memaksa agar informasi tersebut diungkapkan. Kita semua dapat menikmati karya seni tanpa harus tahu semua detail di balik layar. Setiap VTuber memiliki hak untuk memilih apakah mereka ingin membagikan identitas mereka atau tidak, dan sebagai penggemar, kita harus menghormati keputusan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *