9 Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa Download

By | September 18, 2023

Untuk mempermudah pengguna Android dalam mendownload berbagai aplikasi, termasuk, game, ebook, musik dan film, Google telah menyediakan layanan bernama Google PlayStore yang berisi jutaan aplikasi aman dan legal.

Di Google Play Store, pengguna bisa mencari aplikasi apapun dengan mudah. Sayangnya, beberapa orang kerap mengalami masalah dimana mereka tidak bisa download aplikasi di platform ini.

Nah, jika kamu mengalami masalah yang sama, berikut cara mengatasinya.

9 Cara Mengatasi PlayStore Tidak Bisa Download

1. Periksa Koneksi Internet

Koneksi internet merupakan hal utama yang dibutuhkan dalam mendownload aplikasi. Jadi, cek dulu apakah koneksi internet kamu lancar atau tidak.

Bisa saja kamu gagal download aplikasi di PlayStore dikarenakan koneksi internet yang lemot. Kunjungi situs “Speedtest” untuk memeriksa kecepatan jaringan internet kamu.

2. Cek Sisa Memori Penyimpanan

Selain koneksi internet, kamu juga perlu memeriksa sisa memori penyimpanan di HP. Jika memori penuh dan tidak tersedia cukup ruang untuk aplikasi baru, tentu proses download di PlayStore tidak dapat berjalan.

Cek sisa memori penyimpanan dengan membuka menu Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Penyimpanan. Cara ini bisa saja berbeda, tergantung tipe HP yang kamu gunakan.

3. Periksa Google Play Service

Google Play Store masih terhubung dengan Google Play Service. Kegagalan yang terjadi saat download aplikasi di Play Store bisa saja disebabkan karena masalah pada Google Play Service.

Untuk itu, kamu bisa coba hapus cache dan data aplikasi Google Play Service untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Hapus Cache

Tahukah kamu, cache juga bisa menjadi salah satu penyebab Play Store tidak bisa download? Hal ini dikarenakan, cache yang terlalu besar bisa berdampak pada kinerja ponsel dan memenuhi ruang penyimpanan.

Kamu bisa menghapus cache aplikasi satu persatu dengan membuka menu Pengaturan > Manajemen Aplikasi > Pilih Play Store > Penyimpanan > Hapus Cache > Hapus Data.

5. Hapus Proxy

Selain cache, kamu juga harus menghapus proxy. Pasalnya, gangguan pada proxy bisa menjadi penyebab Play Store tidak bisa download aplikasi.

Bagi kamu yang belum tahu, proxy merupakan sebuah sistem yang menjadi perantara jaringan. Untuk menghapus proxy, kamu bisa membuka APN atau Access Point Name di menu pengaturan.

6. Tambah Kapasitas Memori Eksternal

Jika kamu tahu penyebab kegagalan download aplikasi PlayStore dikarenakan memori sudah penuh, maka kamu bisa menambah memori eksternal dengan kapasitas yang lebih besar.

7. Cek Update Sistem pada Ponsel

Play Store tidak bisa download aplikasi bisa juga disebabkan karena kamu belum memperbarui sistem Android pada ponsel.

Jadi, sebaiknya cek terlebih dahulu apakah ponselmu sudah ter-update atau belum. Caranya gampang, cukup buka menu Pengaturan > Sistem > Update Sistem.

8. Periksa Apakah Aplikasi Tersedia untuk Ponselmu

Sebelum download aplikasi di PlayStore, perhatikan informasi detail yang tertera. Periksa apakah aplikasi tersebut tersedia untuk versi Android yang kamu gunakan atau tidak.

Jika ponselmu tidak kompatibel dengan aplikasi tersebut, tentu Play Store tidak akan bisa melanjutkan proses downloadnya.

9. Restart HP

Terakhir, kamu bisa me-restart ponsel untuk mengatasi PlayStore yang tidak bisa digunakan untuk download aplikasi. Restart ponsel kemudian buka kembali Play Store dan download aplikasi yang kamu inginkan.

Itulah beberapa cara mengatasi Play Store tidak bisa download aplikasi. Semoga bermanfaat ya!