aplikasi Catatan Penjualan

10 Aplikasi Catatan Penjualan Online Gratis di iOS & Android

Di era serba digital seperti sekarang ini, banyak pekerjaan yang dulunya dilakukan secara manual kini diganti dengan aplikasi, salah satunya yaitu aplikasi catatan penjualan untuk mencatat segala keperluan bisnis secara efisien dan lebih mudah.

Aplikasi catatan penjualan hadir dengan fitur-fitur terbaik yang siap membantu meskipun kamu masih awam dalam ilmu akuntansi. Bahkan, tidak sedikit aplikasi yang dapat diakses secara gratis oleh pengguna.

Penasaran, apa saja aplikasi catatan penjualan online gratis yang bisa kamu gunakan? Simak rekomendasi selengkapnya berikut ini.

10 Aplikasi Catatan Penjualan Terbaik

1. BukuWarung

Aplikasi catatan penjualan pertama yang bisa kamu pilih adalah BukuWarung. Aplikasi ini memiliki banyak fitur bermanfaat, seperti mencatat transaksi penjualan, mengelola stok barang, membayar atau menagih hutang, dan masih banyak lagi.

BukuWarung dapat digunakan secara gratis, sangat cocok untuk kamu yang sedang merintis bisnis. Aplikasi ini juga menghadirkan tips-tips bisnis yang bisa kamu baca agar lebih produktif.

2. Teman Bisnis

Teman Bisnis merupakan salah satu aplikasi catatan penjualan yang dapat kamu gunakan untuk mencatat, mengevaluasi, sekaligus mengembangkan bisnis dengan cara yang lebih mudah.

Selain untuk mencatat penjualan, masih ada banyak fitur menarik yang ditawarkan aplikasi Teman Bisnis. Diantaranya yaitu fitur untuk mencatat laporan keuangan, laporan persediaan, memantau hutang, dan lain-lain.

3. BukuKas

Berikutnya ada aplikasi BukuKas yang telah diunduh oleh lebih dari 5 juta pemilik UMKM. Selain memiliki fitur-fitur yang lengkap, BukuKas juga dapat digunakan secara gratis tanpa perlu membayar ataupun berlangganan.

BukuKas dapat membantumu mencatat transaksi penjualan, membuat laporan keuangan, mengirim invoice via WhatsApp dan SMS, serta transfer dan kirim uang bebas biaya admin bank.

4. Moodah

Jika kamu butuh aplikasi yang dapat menghubungkan kamu dengan tim akuntan profesional, maka Moodah jawabannya. Kamu dapat bertanya hal-hal seputar bisnis secara langsung dengan para profesional untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar.

Dibanding aplikasi catatan penjualan gratis lainnya, Moodah tentu lebih unggul. Aplikasi ini akan membantu kamu dari awal sampai ke tahap tutup buku.

5. Paper.id

Paper.id merupakan salah satu aplikasi catatan penjualan gratis yang sangat direkomendasikan untuk para pebisnis. Aplikasi ini telah digunakan oleh lebih dari 40.000 pengusaha UMKM di Indonesia.

Dengan Paper.id, kamu bisa membuat quotation (penawaran harga resmi), menerbitkan kwitansi, mengirim invoice via WhatsApp, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini memang dapat digunakan secara gratis. Namun, untuk mendapatkan akses tanpa batas, kamu harus membayar biaya bulanan sebesar Rp 82.000 saja.

6. Kledo

Aplikasi Kledo berfokus pada aktivitas bisnis, seperti inventory, purchasing, invoicing, dan analisa performa bisnis. Aplikasi ini dapat terhubung ke semua perangkat, baik itu Android, iOs, Mac, hingga Windows.

Kledo bisa dimanfaatkan secara gratis untuk mencatat penjualan. Namun, kamu bisa upgrade ke versi Pro dan Elite jika ingin bebas menggunakan semua fitur yang tersedia.

7. Money Lover

Aplikasi catatan penjualan berikutnya yang dapat kamu nikmati secara gratis adalah Money Lover. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengatur keuangan, transaksi, anggaran, hingga budget usaha yang dimiliki.

Tak hanya itu, Money Lover juga dapat mempermudah kamu mengontrol tagihan sebelum jatuh tempo, mengontrol utang piutang, scan tanda terima, dan masih banyak lagi.

8. SI APIK

SI APIK merupakan singkatan dari Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan. Aplikasi ini punya banyak fitur untuk mempermudah pembukuan dan catatan transaksi penjualan.

SI APIK dapat diakses secara offline, jadi sangat cocok untuk kamu yang tinggal di daerah yang koneksi internetnya tidak lancar. Fitur yang tersedia meliputi pencatatan jumlah barang dan transaksi, jenis jasa, serta jumlah pelanggan yang datang.

9. Expense Manager

Expense Manager sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin mengontrol pengeluaran bisnis yang dianggap kurang penting. Misalnya, pengeluaran untuk dinas, liburan, dan lain-lain.

Selain itu, di aplikasi Expense Manager juga kamu dapat mengatur aktivitas penjualan dengan lebih mudah, mulai dari membayar, memproses, dan mengaudit pengeluaran.

10. Finansialku

Rekomendasi aplikasi catatan penjualan yang terakhir adalah Finansialku. Aplikasi ini telah terdaftar di OJK, Kominfo, dan ISO sehingga cukup terpercaya dan sangat aman untuk digunakan.

Di aplikasi Finansialku, kamu bisa melakukan banyak hal. Mulai dari pencatatan penjualan, merencanakan keuangan agar lebih terkontrol, dan melakukan financial check up untuk mengetahui kondisi keuangan.

Nah, itulah 10 aplikasi catatan keuangan terbaik yang dapat kamu pilih. Semoga bermanfaat ya!

Skuy Admin

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 10 Aplikasi Catatan Penjualan Online Gratis di iOS & Android yang dipublish pada September 18, 2023 di website Skuylah.com

Artikel Terkait